Positioning Madrasah dalam Penguatan Pendidikan Karakter

  • Fery Diantoro IAIN Ponorogo

Abstract

Character education is one solution to the problems of morality, character and other deviant behavior that is happening in this country. Strengthening character education becomes something important that must be supported by all components ranging from educational institutions, families and communities. In order to support the reinforcement, the president also issued a regulation on strengthening character education. Madrasah that become one of the formal educational institutions are also required to carry out the strengthening of character education as mandated. The positioning of madrasah should also be appropriate in the organization of strengthening character education, as it will impact on community appraisal. Positioning madrasah in organizing character education reinforcement is carried out through intra-curricular, ko-curriculer and extracurricular programs and positioning madrasah in addressing school admission days, madrasah can take the five day entry option with a system integrating the madrasah system with the pesantren system or taking six day entry options by strengthening the three curricular programs , with programs that show off that can be directly seen and felt the benefits by the community.

Pendidikan karakter menjadi salah satu solusi atas permasalahan moral, akhlak dan perilaku menyimpang lainnya yang sedang terjadi di Negara ini. Penguatan pendidikan karakter menjadi sesuatu yang penting yang mesti didukung oleh seluruh komponen mulai dari lembaga pendidikan, keluarga dan masyarakat. Dalam rangka mendukung penguatan tersebut presiden juga mengeluarkan Peraturan tentang penguatan pendidikan karakter. Madrasah yang menjadi salah satu lembaga pendidikan formal dituntut juga mampu melaksanakan penguatan pendidikan karakter sebagaimana yang telah diamanatkan. Positioning madrasah juga harus tepat dalam penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter, karena akan berdampak pada penilaian masyarakat. Positioning madrasah dalam menyelenggarakan penguatan pendidikan karakter dilakukan melalui program intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dan positioning madrasah dalam menyikapi hari masuk sekolah, madrasah dapat mengambil opsi hari masuk lima dengan sitem mengintegrasikan sistem madrasah dengan sistem pesantren atau mengambil opsi masuk enam dengan penguatan di ketiga program kurikuler, dengan program-program yang show off yang bisa langsung dilihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2003.
Djemari Mardapi. “Penilaian Pendidikan Karakter.” Bahan Tulisan Penilaian Pendidikan Karakter UNY, 2011. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Penilaian_karakter.pdf.
Ikhwan, Afiful. 2013. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Malang: Insan Cita Press Malang dan STAIM Tulungagung.
Ikhwan, Afiful. 2018. Filsafat Pendidikan Islam: Memahami Prinsip Dasar. Yogyakarta: CV. Diandra Kreatif.
Ikhwan, Afiful. Akreditasi Madrasah Aliyah (MA) Dalam Kebijakan Pendidikan Nasional, Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 2, November 2014.
Ikhwan, Afiful. Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur'an dan Hadist), EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1, Juni 2016.
Ikhwan, Afiful. Perguruan Tinggi Islam dan Integrasi Keilmuan Islam: Sebuah Realitas Menghadapi Tantangan Masa Depan, Jurnal Ilmu Tarbiyah "At-Tajdid", Vol.5, No.2, Juli 2016.
Ikhwan, Afiful. Development Of Quality Management Islamic Education In Islamic Boarding School (Case Study Madrasah Aliyah Ash Sholihin), Al-Hayat: Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 1, Desember 2017.
Ikhwan, Afiful. Kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi, EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5, Nomor 1, Juni 2017.
Ikhwan, Afiful. AKREDITASI MADRASAH ALIYAH (MA) DALAM KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL, Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 2, November 2014.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Jilid I (Edisi Ke- 12). Jakarta: PT Index, 2008.
Maimun, Agus, and Agus Zaenul Fitri. Madrasah Unggulan (Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif). Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik & Praktik. Cet. 1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Naim, Ngainum. Character Building : Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam; Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. Cet. 2. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Saxena, Rajan. Marketing Management. 4th ed. New York: The McGraw- Hill, 2009.
Soebahar, Abd Halim. Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Suparlan. Manajemen Berbasis Sekolah Dari Teori Sampai Dengan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2008.
Wijaya, David. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat, 2012.
Published
2018-06-28
How to Cite
DIANTORO, Fery. Positioning Madrasah dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 105-127, june 2018. ISSN 2599-3046. Available at: <https://www.alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/22>. Date accessed: 29 nov. 2022.